chatbot

Pengantar Chatbots dan Apa Artinya untuk Strategi Pemasaran & Desain

Chatbot adalah program kecerdasan buatan yang berfungsi sebagai layanan obrolan. Tujuan dari layanan ini adalah untuk memberikan informasi yang relevan dengan percakapan yang ada.

Chatbots dapat melakukan berbagai tugas seperti menjadwalkan janji temu, menerima pesanan online, dan memberikan informasi yang berguna kepada pelanggan. Mereka adalah cara terbaik bagi bisnis untuk meningkatkan kepuasan pelanggan mereka dan meningkatkan layanan pelanggan mereka.

Bagi banyak orang, chatbot telah menjadi titik kontak pertama dengan layanan pelanggan.

Saat ini, sebagian besar konsumen lebih nyaman berinteraksi dengan chatbot daripada manusia. Bot diprogram untuk menjawab pertanyaan sederhana dan memberikan informasi dasar, sehingga agen layanan pelanggan tidak perlu melakukan hal ini. Chatbot juga menunjukkan empati, membuatnya lebih populer di kalangan pelanggan.

Chatbots tidak hanya terbatas pada menyediakan layanan pelanggan, mereka juga dapat berguna dengan cara berikut: periklanan, dukungan penjualan, dan pembuatan konten.

 

Apa itu Antarmuka Percakapan ?

Antarmuka percakapan, seperti namanya, adalah antarmuka yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan sistem menggunakan bahasa alami.

Antarmuka percakapan adalah jenis antarmuka yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan sistem menggunakan bahasa sehari-hari. Ini adalah cara revolusioner bagi pengguna untuk berinteraksi dengan sistem tanpa memerlukan perintah, kode, dan tombol yang rumit.

Penerapan antarmuka percakapan telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir karena memberikan pengalaman interaksi yang lebih alami dan efisien.

Salah satu keuntungan utama antarmuka percakapan adalah sifatnya yang non-linier. Pengguna tidak harus melalui daftar opsi atau menu untuk menemukan apa yang mereka cari, sebaliknya UI menyesuaikan dengan input sentuh mereka dan mengajukan pertanyaan yang relevan di sepanjang jalan.

Antarmuka percakapan juga disebut bot karena mereka sering berkomunikasi dengan pengguna dengan mengirim pesan otomatis melalui saluran seperti SMS atau Facebook Messenger.

Antarmuka percakapan telah ada untuk sementara waktu, tetapi telah menjadi lebih populer dalam beberapa tahun terakhir. Mereka juga disebut bot karena mereka sering berkomunikasi dengan pengguna dengan mengirimkan pesan otomatis melalui saluran seperti SMS atau Facebook Messenger. Antarmuka ini mengharuskan pengguna untuk membentuk kalimat agar bot merespons. Mereka sering digunakan untuk layanan pelanggan dan permintaan pencarian informasi, tetapi keserbagunaannyalah yang membuatnya begitu popular

 

Bagaimana Desain Percakapan?

Desain Percakapan berbeda dari desain pengalaman pengguna tradisional karena berfokus pada antarmuka percakapan. Ini melibatkan analisis input pengguna dan menyesuaikan output agar sesuai dengan apa yang mereka cari.

Perbedaan antara Desain Percakapan dan desain Pengalaman Pengguna tradisional adalah bahwa Desain Percakapan berfokus pada antarmuka percakapan. Ini melibatkan analisis apa yang dimasukkan pengguna dan kemudian menyesuaikan apa yang mereka terima agar sesuai dengan apa yang mereka cari.

 

Apa yang Membuat Antarmuka Percakapan?

Ketika kita berbicara tentang chatbots, kita mengacu pada program komputer yang dirancang untuk berinteraksi dengan pengguna dan untuk mensimulasikan percakapan. Chatbot sangat berguna karena dapat menjawab pertanyaan dan memecahkan masalah menggunakan pemrosesan bahasa alami.

Kita tidak perlu lagi melalui langkah-langkah rumit untuk mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari berbagai aplikasi. Kami juga dapat mengajukan pertanyaan tentang topik dasar seperti cuaca atau zona waktu.

 

Kesimpulan

Kesimpulannya, asisten AI telah menjadi pengganggu utama dalam cara kita berinteraksi dengan perangkat dan perusahaan kita secara umum. Antarmuka percakapan adalah bentuk komunikasi baru yang dapat mengambil banyak beban dari manajer pemasaran dan desainer.

Peningkatan antarmuka percakapan akan mengarah pada lebih banyak peluang bagi manajer produk untuk berupaya meningkatkan pengalaman pelanggan. Desainer akan dapat fokus untuk membuat antarmuka percakapan menarik dan intuitif bagi pengguna.