Metode Pembuatan Kalkit

Jejak dokumentasi tulisan selama berabad-abad terus berpindah ke lebih dari selusin media. Sebelum manuskrip-manuskrip kuno terdokumentasi dalam lembaran-lembaran papirus, tablet tanah liat telah lebih dulu mendominasi selama 3000 tahun. Papirus Mesir Kuno dari Kitab Orang Mati Hunefer. Sebelum kertas lahir, papirus yang menjadi asal kata paper, menjadi media tulis pertama yang banyak digunakan di zaman kuno.

Papirus terbuat dari tanaman alang-alang yang banyak tumbuh di sepanjang Sungai Nil. Lihat Foto Papirus Mesir Kuno dari Kitab Orang Mati Hunefer. Sebelum kertas lahir, papirus yang menjadi asal kata paper, menjadi media tulis pertama yang banyak digunakan di zaman kuno. Papirus terbuat dari tanaman alang-alang yang banyak tumbuh di sepanjang Sungai Nil. Periode yang jauh lebih lama dari masa lahirnya kertas hingga saat ini. Hal itu disampaikan seorang penulis yang bernama Mark Kurlansky pada buku Paper: Paging Through History, seperti dikutip dari The Atlantic.

Namun, populasi tanaman alang-alang sebagai bahan baku papirus semakin sedikit dan tanaman tersebut mudah hancur, sehingga tidak banyak persediaan dunia untuk membuat lembaran tulis berkualitas tinggi. Hingga proses pembuatan kertas mulai diketahui berasal dari China. Secara umum proses pembuatan kertas Cai Lun dilakukan dengan menghancurkan serat selulosa. Berbagai inovasi yang dilakukan China, membantu kertas menjadi lebih kuat, lebih tipis dan lebih murah untuk diproduksi.

Update kertas yang berkembang menjadi kertas palkit?

Jadi kertas kalkit memiliki Karakteristik kertas  yang menjadi salah satu pertimbangan saat memilih jenis kertas tertentu untuk keperluan bisnis. Yang dimaksud dengan karakteristik kertas adalah  warna dari setiap kertasnya, permukaan, dan ketebalan serta kualitas yang cukup bagus . Bila keempat elemen tersebut tepat, maka jenis kertas itulah yang kemudian menjadi pilihan.

Kertas kalkir merupakan kertas yang permukaannya tembus pandang yang digunakan oleh sebagian besar pembisnis. Sekilas, kertas jenis ini tampak seperti kaca bening namun tidak juga terlalu bening dengan adanya remang remang dari garis dan bentuk plastic yang buram. Banyak desainer yang suka menggunakan kertas ini untuk pekerjaan mereka. Dengan kertas ini, gambar pun dapat mereka selesaikan dengan mudah.

Banyak manfaat yang diperoleh ketika menggunakan kertas kalkit ini, awalnya kertas kalkit hanya digunakan untuk bisnis biasa semata namun sekarang dapat digunakan lebih dari bisnis biasa. Bisa anda coba keungulan dari kertas palkit ini untuk bisnis anda.

Bagaimana proses pembuatan kertas palkit?

  1. Melalui ‘pemurnian’ mekanis serat selulosa untuk menciptakan serat yang sangat berfibrilasi dan agar-agar, sehingga dalam membentuk lembaran kertas, hampir semua udara yang dikeluarkan dari struktur internal kertas. Metode ini menghasilkan kertas yang sangat tembus pandang dan bahkan tampak rata pada rentang gramatur dari 42 hingga lebih dari 280 gsm.
  2. Dengan membuat selembar kertas ‘normal’ dan kemudian mengisi ruang antara serat dengan bahan yang memiliki indeks bias yang sama dengan selulosa. Ini adalah proses umum yang diadopsi di AS. Produk itu sering disebut Vellum, meskipun terminologi ini dapat merujuk ke kertas khusus yang lebih luas. Karena biaya yang relatif tinggi, metode pembuatan ini sebagian besar telah menghilang.
  3. Seperti pada 2, dengan membuat selembar kertas biasa, yang diikuti dengan merendam kertas yang belum dipotong dan diturunkan dengan kualitasbaik dalam asam sulfat selama beberapa detik. Asam mengubah beberapa selulosa menjadi amyloid bentuk memiliki agar-agar karakter dan kedap