10 Manfaat Toge yang Menakjubkan bagi Kesehatan Tubuh

Source: https://tipsmake.com/is-eating-bean-sprouts-good-the-effect-of-bean-sprouts-for-men

Toge diproduksi oleh biji dari semua jenis kacang-kacangan. Namun, terdapat dua jenis toge utama yang umum diproduksi di dunia yaitu kacang hijau dan kedelai. Kecambah kedelai berukuran sedikit lebih besar dibandingkan kecambah kacang hijau. Jenis kacang ini bertunas dan dapat dikonsumsi dalam waktu seminggu dengan nutrisi yang lebih padat dibandingkan kacang aslinya.

Manfaat Toge bagi Kesehatan

Dalam satu cangkir toge mengandung 65 kalori yang terdiri dari atas 5% protein, vitamin C, vitamin B6, 2,5 gram serat makan, zat besi, asam pantotenat, riboflavin, niasin, seng, thiamin, fosfor, kalsium, magnesium, tembaga, kalium, flavonoid, asam organik, dan asam fenolik. 

Jumlah nutrisi yang terkandung dalam toge tersebut memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut. 

  • Mengurangi Stress dan Kecemasan

Toge mengandung vitamin C, magnesium, dan seng dalam jumlah yang baik. Sehingga dapat menghilangkan kecemasan, menyeimbangkan suasana hati, meningkatkan kualitas tidur, dan menghilang stres.

  • Membangun Kekebalan Tubuh

Kandungan flavonoid yang terkandung dalam toge dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Kekebalan yang kuat akan membantu menangkis infeksi dan  melindungi tubuh dari penyakit.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Vitamin K diperlukan untuk menghambat penumpukan kalsium di pembuluh darah dan mempercepat pembekuan darah. Tauge adalah sayuran yang kaya akan vitamin esensial ini dan dapat menjaga kesehatan jantung dengan sangat baik.

Kandungan serat pangan pada toge dapat mengantisipasi kelebihan kolesterol, mengurangi plak arteri, dan menurunkan risiko stroke dan serangan jantung. 

  • Solusi Diet yang Aman

Toge mengandung kalori yang rendah sehingga dapat dijadikan pilihan yang sehat untuk berbagai macam makanan, termasuk salad atau olahan sayur lainnya. Bagi orang yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, kandungan serat makanan akan membuat Anda kenyang lebih lama. 

  • Menjaga Kesehatan Tubuh

Antioksidan yang terkandung dalam toge dapat membantu meminimalkan munculnya bekas luka, kerutan, menyamarkan noda akibat stres oksidatif, dan meningkatkan elastisitas kulit agar terlihat lebih muda.

  • Memperbaiki Pencernaan

Toge mengandung serat pangan yang baik sehingga membuat pencernaan lebih efisien, meredakan perut kembung, meringankan gejala diare dan sembelit.

Selain itu, kandungan vitamin B yang terkandung di dalamnya juga berfungsi mengatur enzim, hormon, ritme sirkadian, metabolisme energi. Jadi memastikan bahwa Anda tidak kekurangan riboflavin, folat, asam pantotenat, thiamin, dan niasin adalah ide yang sangat bagus.

  • Meningkatkan Sirkulasi dan Peredaran Darah

Dengan jumlah zat besi yang signifikan, toge menyediakan cara yang ideal untuk mendukung kesehatan peredaran darah dan memastikan bahwa tubuh menerima sumber daya dan oksigen yang cukup. Selanjutnya, asupan zat besi yang tepat akan membantu mencegah tanda-tanda anemia, seperti lemah otot, pusing, dan kelelahan.

  • Mengatur Kepadatan Tulang

Kandungan vitamin K pada toge berfungsi untuk mengatur kepadatan mineral tulang dalam tubuh, memastikan jumlah mineral yang stabil, membangun tulang yang kuat, dan membantu mencegah osteoporosis. 

Nah, itulah ulasan tentang toge yang tidak boleh terlewatkan. Kecambah kacang hijau ini ternyata memiliki beragam manfaat dalam menjaga kesehatan jantung dan pencernaan.

Untuk dapat merasakan manfaat tersebut, Anda bisa membeli toge segar dan berkualitas di TaniHub. Ini merupakan platform belanja sayur dan buah online yang mampu menjawab semua kebutuhan Anda. Di sini, Anda akan mendapatkan pilihan toge dengan harga yang pas plus layanan berbelanja yang sangat mudah. 

Klik di sini untuk mendapatkan info lebih lanjut. Jangan lupa cek-cek promo menariknya yaaah!