10 Ideas Olahraga Waktu Puasa Yang Menyehatkan

10 Ideas Olahraga Waktu Puasa Yang Menyehatkan

Kamu bisa berolahraga setelah sahur, sebelum berbuka atau setelahnya. Berolahraga setelah sahur merupakan waktu yang tepat karena tubuh kamu telah terisi dengan energi dari makanan yang kamu makan. Itulah tadi tips yang dapat kamu terapkan tuk olahraga saat puasa. Walaupun olahraga benar untuk kesehatan tubuh, jangan sampai anda melakukannya secara berlebihan, ya. Jika anda memilih untuk permainan angkat beban, pilihlah jenis latihan yg lebih ringan daripada yang biasa anda lakukan di luar bulan puasa.

Bola. com, Jakarta – Ada berbagai cara yang bisa diterapkan untuk menjaga tubuh tetap sehat serta bugar di dalam puasa Ramadhan misalnya sekarang. Mulai mengonsumsi makan sehat ketika sahur dan buka, maupun melakukan permainan. Jika ingin berolahraga satu jam sebelum atau setelah makan, kamu dapat berolahraga selama mungkin semampumu.

tips olahraga saat puasa

Agar terhindar dari dehidrasi, Anda dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari. Untuk menjaga keseimbangan elektrolit, Anda dapat mengonsumsi air kelapa saat berbuka puasa.

Jika kamu ingin melakukan cardiovascular dengan intensitas banyak, lebih baik diterapkan di waktu sesudah berbuka puasa. Konsumsilah makanan yang berisi karbohidrat tinggi ketika berbuka puasa. Karbohidrat mengembalikan kadar glukosa darah yang menurun saat puasa. Makan karbohidrat dan serat akan membantu melepaskan energi secara perlahan.

Jika di tengah sesi olahraga Anda merasa mual, pusing, nyeri dada, keringat dingin, ataupun sulit bernapas, segera hentikan aktivitas tersebut. Jenis olahraga saat puasa lainnya yang bisa Anda lakukan adalah joging. Dalam durasi setengah jam itu, kalori yang terbakar sebanyak 210 kalori. Tapi lakukan dekat dengan waktu buka puasa agar saat Anda haus, tidak perlu menunggu terlalu lama untuk minum. selanjutnya adalah untuk memilih waktu yang tepat untuk berolahraga.

Yoga exercise merupakan salah 1 olahraga yang bisa memberikan kesehatan tubuh dan ketenangan akal. Jenis olahraga ringan selama puasa Ramadan selanjutnya adalah running. Jogging merupakan salah satu jenis olahraga kardiovaskular yang sangat bermanfaat untuk mengontrol kesehatan jantung. Bahkan, jalan santai pun baik dilakukan tuk menjaga kesehatan jantung dan otot tulang belakang. Olahraga ringan ini bisa diterapkan selama 15 : 30 menit menjelang waktu berbuka puasa. Mereka yang berpuasa harus berpegang teguh pada latihan dampak dan kardio yg ringan.

Kurangi pula jumlah arranged latihan yang lumrah kamu lakukan, umpama, 4-5 set jadi 3-4 set tertentu. Bahkan, turunkan repetisi tiap set latihan dari yang pada umumnya repetisi menjadi 6-8 kali saja. Sangat pun dengan ganjalan latihan yang anda ambil, kurangi dri berat 50 kilogram menjadi 25 kg misalnya. Selama berpuasa di bulan Ramadan memang disarankan untuk sebaiknya tidak melakukan olahraga yang berat, terutama di siang hari. Tapi, bukan berarti kamu harus melewatkan olahraga sama sekali selama bulan puasa. Hanya saja, jenis olahraga, waktu dan intensitasnya yang perlu diatur.

Para ahli menyarankan untuk memulai permainan dengan rentang sewaktu 30 menit pada awal-awal berpuasa. Sesudah melatih daya tahan tubuh, kamu meraih berolahraga dengan sewaktu yang lebih suram. Yoga juga termasuk dalam daftar macam olahraga ringan yg bisa dilakukan semasa puasa Ramadan.